Salzburg, Kota Dengan Sejuta Sejarah

SalzburgPostingan mengenai Salzburg adalah tugas kedua saya sebagai penulis di majalah internal kantor. Kebetulan, awarding acara kantor (Massindo Award) akan dilakukan di Negara Austria. Bagi banyak orang, Salzburg diartikan sebagai salah satu kota yang paling menarik di Eropa. Berkat peran peninggalan sejarah, budaya, lingkungan yang apik serta penampilan arsitektur yang memukau membuat kota ini menjadi salah satu kota yang ditargetkan banyak orang sebagai kota yang wajib dikunjungi.

Salzburg merupakan kota terbesar keempat di Austria. Keindahan kota yang dikelilingi oleh pegunungan alpen, dengan pemandangan puncak gunung yang selalu diselimuti salju, membuat kota ini sangat indah untuk dinikmati oleh kalangan wisatawan. Di kawasan kota tua Salzburg (Altstadt) misalnya, dengan arsitektur baroknya yang terkenal adalah salah satu pusa kota yang masih dipertahankan keasliannya di utara Pegunungan Alpen dan bahkan terdaftar sebagai Situs Kebudayaan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1997.

Kota Musik

House of MozartSalzburg adalah gudang para pemusik klasik yang pernah berjaya di masa lalu. Wajar saja, lantaran Salzburg menjadi kota kelahiran komponis musik klasik terkenal seperti Johan Strauss, Franz Peter Schubert dan tentu saja Wolfgang Amadeus Mozart. Sementara antara pertunjukan opera dan musik klasik sendiri, jelas erat sekali kaitannya. Sehingga, tak aneh apabila di kota ini banyak ditemui gedung-gedung pertunjukkan dan teater. Bahkan, pada abad ke-20, nama kota Salzburg semakin mendunia karena menjadi lokasi shooting film fenomenal ber-genre drama musical “The Sound of Music” yang dirilis pada tahun 1965 silam.

Mozart sendiri merupakan musisi yang memiliki sejumlah ‘peninggalan’ yang hingga saat  kini masih dinikmati oleh masyarakat awam yang berkunjung ke Salzburg. Bangunan yang terletak di Makartplatz 8 misalnya, pernah menjadi tempat kediaman Mozart dari tahun 1773 sampai 1798. Sementara di sebuah jalan sempit yang dikenal sebagai pusat keramaian kota tua Salzburg (Getreidegasse) tepatnya di sebuah bangunan bernomor 9, merupakan lokasi dimana Mozart dilahirkan. Bangunan rumah yang menjadi tempat kelahiran Mozart itu, kini telah dijadikan sebuah museum.

Mozart

Sebagai kota yang sarat dengan ‘muatan’ musik klasik, Salzburg seringkali menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan berbagai macam festival yang berhubungan dengan kesenian musik klasik. Tak kurang dari 4000 acara berunsur seni dan budaya diselenggarakan di kota ini setiap tahunnya, antara lain Minggu Mozart yang diselenggarakan pada bulan Januari (sebagai bulan kelahiran Mozart), Festival hari Paskah pada bulan April, Konser Pentakosta, Festival musim panas, Festival Szene Salzburg, Peringatan Hari Kebudayaan Salzburg, Konser Istana dan juga Pentas Teater Marionettes. Dengan demikian, tak salah bila Salzburg juga dikenal sebagai kota budaya di Austria.

Sekilas Sinopsis Film The Sound of Music

The Sound of Music adalah film musikal tahun 1965 yang diangkat dari buku The Von Trapp Family Singers yang ditulis oleh Maria Von Trapp yang bercerita tentang sebagian kisah hidupnya. Lokasi shooting pembuatan film ini sepenuhnya dilakukan di Salzburg, dengan keindahan dan keceriaan kotanya yang asri.

Film The Sound of Music

Sedikit ulasan sinopsis mengenai film ini, bahwa Maria adalah seorang calon biarawati yang oleh biaranya dikirim ke rumah Kapten Georg Ritter Von Trapp untuk mengasuh ketujuh anaknya dan walaupun awalnya anak-anak tersebut kurang menyukai Maria, pada akhirnya mereka juga menyenanginya. Maria mengajak anak-anak asuhannya bermain dan bersuka ria di alam bebas. Ia mengajari pula mereka menyanyi dan cara membuat lagu. Sementara itu, sang Kapten Von Trapp akan menikahi seorang baroness namun ternyata Maria-lah yang menikah dengannya karena sesungguhnya selain mencintai anak-anak Kapten Von Trapp Maria pun diam-diam juga mencintai sang ayah dari anak-anak.

Cerita film ini cukup simple, namun dengan iringan beberapa soundtrack lagu yang tak asing didengar di telinga dan juga dengan kualitas akting pemain, itulah yang membuat film ini sukses dieranya. Bahkan, film “The Sound of Music” berhasil membuat perusahaan 20 Century Fox terhindar dari kebangkrutan.

Usai film ini dirilis pada beberapa tahun silam, Salzburg pun dibanjiri para turis mancanegara lantaran diantara mereka telah tersihir dengan keindahan suasana kota Salzburg yang digambarkan dalam film The Sound of Music.

The Sound of Music

Film The Sound of Music juga merupakan film musikal terfavorit sepanjang massa. Pada 2007 lalu, American Film Institute memasukkan The Sound of Music kedalam 100 film terbaik sepanjang masa. Bahkan, film ini juga tergolong maha karya (masterpiece), lantaran pesan-pesan moral dan nilai kebajikan serta pertukaran edukasi yang terkandung didalamnya.

Kota Garam

Kota Tua Salzburg Malam HariSelain dikenal sebagai kota musik, Salzburg juga dikenal sebagai kota garam. Ada beberapa lokasi di Salzburg yang pernah dijadikan sebagai lokasi penambangan ‘emas putih’. Namun siapa sangka, ‘emas putih’ yang dimaksud di Salzburg adalah garam. Betul saja, garam pernah mengalami masa kejayaan di masa lampau khususnya pada abad pertengahan di Eropa. Uniknya, bahkan para pekerja penambangan tersebut seringkali bersedia dibayar dengan menggunakan garam.

Selain itu, hampir semua area kota tua Salzburg memang dikhususkan untuk pejalan kaki seperti turis dalam negeri dan luar negeri yang memang memiliki hobi berbelanja. Suasana berbelanja terasa nyaman dengan sekitar 800 toko yang siap memanjakan turis. Mulai dari perhiasan, barang-barang antik, souvenir, pakaian, parfum dan lain-lain. Lokasi di sekitar jalan Getreidegasse merupakan tempat berbelanja yang paling banyak dipadati para turis.

Schloss Mirabell

Schloss Mirabell - 1

Schloss Mirabell atau Mirabell Palace merupakan sebuah bangunan istana yang dibangun dengan gaya arsitektur barok. Istana Mirabell saat ini dijadikan sebagai kantor walikota Salzburg dan dewan kota. Bahkan, ada beberapa ruangan yang kadang kerap dijadikan sebagai tempat acara pernikahan, upacara resmi dan konser musik. Mirabell cukup terkenal dengan bentuk arsitektur taman yang indah yang dihiasi bunga dengan berbagai warna, tanaman hijau nan apik serta air mancurnya. Air mancur dengan pahatan patung kuda pun menjadi icon dikenalnya istana Mirabell karena merupakan salah satu lokasi setting film “The Sound of Music”.

Schloss Mirabell Garden - 2

Hohensalzburg

Hohensalzburg Pagi Hari

Setiap Negara memiliki peninggalan-peninggalan sejarah di masa lampau, begitupun dengan Salzburg. Kota yang terletak di benua biru ini memiliki sebuah benteng yang konon merupakan benteng terbesar di seluruh daratan Eropa Tengah, yakni benteng Hohensalzburg. Benteng Hohensalzburg terletak di sebuah bukit tertinggi di Salzburg yang didirikan pada tahun 1077. Masa pembangunannya yang cukup lama, membuat benteng ini dikenal juga sebagai benteng abadi, karena baru selesai pembangunannya pada tahun 1681. Di dalam bangunan berdinding warna putih, yang bila malam hari tampak berkilau lantaran disinari cahaya lampu ribuan watt berwarna kuning keemasan ini, terdapat sebuah museum yang bernama Burgmuseum. Museum ini cukup unik karena di dalamnya dipamerkan berbagai peralatan yang pernah digunakan pada zaman dahulu untuk menyiksa para tawanan perang.

Hohensalzburg Malam Hari

Schloss Hellbrunn

Schloss Hellbrunn Schloss Hellbrunn merupakan salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan. Keindahan bangunan dengan arsitektur bergaya romawinya membuat banyak turis berdecak kagum, terlebih jika melihat atraksi air mancur yang terletak dibanyak titik sehingga memungkinkan para pengunjung terkena cipratan air yang tidak bisa diduga kapan air tersebut akan menyembur. Air mancur yang terdapat di beberapa titik bangunan Schloss Hellbrunn ini sudah ada sejak lama. Mesin-mesin yang mendasari mekanisme kerja air mancur ini dibuat di dalam pompa air otomatis yang dilengkapi dengan waterpower mekanik yang sudah dibangun pada tahun 1613 dan 1615.

Schloss Hellbrunn - Air Mancur

Sumber : Wikipedia, Blog WordPress, Kompasiana  (Artikel ) & Google (Foto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s