Mengenal Vienna Sebagai Ibukota Austria

Mengapa Vienna? Hmm, tulisan ini sebenarnya adalah tugas dari sang atasan untuk kemudian di publish di majalah internal kantor dimana saya bekerja. Saat mencaplok naskah Vienna yang saya dapat dari berbagai sumber, jadilah artikel ini pun saya post di blog pribadi, lumayan isinya menarik apalagi foto-fotonya.. Wuihh, jadi ngiler kepingin ke Vienna secara langsung.. mueheheee. Sekadar info, tahun depan kantor saya mengadakan acara 30th Anniversary di Vienna, semoga saja saya diajak :D

Vienna

Vienna atau Wina adalah ibukota dari Republik Federal Austria. Selama berabad-abad kota ini berperan sebagai ibukota Kekaisaran Habsburg dan pusat ekonomi Eropa Tengah bagian selatan. Dalam penyebutannya, Vienna lebih dikenal dengan sebutan Wina.

Nama kota Wina berasal dari Vedunia yang sejak 2000 tahun sebelum masehi daerahnya sudah menjadi penampungan suku Kelten. Sedikit mengenal Negara Austria, ternyata memiliki wilayah yang sangat luas, dan bahkan wilayah Italia dulunya merupakan bagian dari wilayah Negara Austria sebelum Perang Dunia I. Negara ini dahulu kala jauh lebih besar dan merupakan bagian dari kekaisaran Austria-Hongaria. Dan konon, Austria menjadi negara dengan kerajaan yang sangat jaya di Eropa.

Sementara itu, jika melihat mundur di15 tahun sebelum masehi, wilyah Austria khususnya di daerah sekitar sungai Donau dikuasai oleh bangsa Romawi dibawah kekaisaran Agustus dan kemudian pada abad pertama sesudah masehi, dijadikan pangkalan militer Vindobona dengan 5000 tentaranya. Tak ayal, dahulu Austria memiliki Kapal Selam yang cukup besar. Namun, akibat kekalahannya di PD-I, wilayah kekuasaan Austria menjadi mengecil dan bahkan tidak memiliki laut sendiri. Austria kembali berkembang setelah Perang Dunia II. Perkembangan yang cukup signifikan terjadi pada masa kejayaan kekuasaan Kaisar Marcus Aurelius dan Kaisar Probus.

Image

Austria memang merupakan Negara yang kaya akan budaya peninggalan sejarahnya pada beberapa masa silam. Negara kecil ini memiliki sistem pemerintahan yang baik. Tata letak kotanya strategis dan bersih yang menjadikan Negara ini Cantik luar dalam. Gedung-gedung lama peninggalan sejarah menjadi icon tersendiri di Austria, yang kebanyakan berpusat di Ibu kota Vienna. Bangunan-bangunan kuno inilah tertulis sejarah kota itu, dan menjadi saksi bisu berkembangnya kota tersebut menjadi kota yang sangat modern seperti sekarang.

Tak hanya itu, Negara ini pun merupakan tempat kelahiran musisi ternama seperti Schubert, Johann Strauss I dan Brahms. Sedangkan bagi Mozart dan Beethoven, Wina adalah kota dalam meniti karir, puncak hingga akhir khayat mereka. Tak ayal, kota yang melahirkan musik Waltz ini dijuluki sebagai “kota musik di barat”.

Uniknya, perpaduan antara kawasan kota tua yang artistik dan kawasan kota modern yang futuristik bisa bersatu padu tanpa meninggalkan kesemrawutan. Jika menilik sejarahnya, tak pelak kalau Austria menjadi terkenal sebagai tempat tujuan wisata yang didambakan banyak orang lantaran memiliki segudang obyek menarik yang menyimpan nilai sejarah cukup tinggi, antara lain : Schloss Schonbrunn, Ringstrasse, Istana Hofburg, Vienna State Opera, Prater Amusement Park,Belfedere dan masih ada banyak lagi beberapa kota wisata lainnya.

Schloss Schonbrunn

Image

Schloss Schonbrunn adalah istana yang berlokasi di kawasan perbukitan barat daya Wien bergaya Rococo, didesain oleh Fischer Von Erlach dan pembangunannya diselesaikan tahun 1713 sebagai kediaman musim panas keluarga kekaisaran. Sebanyak 45 dari 1441 kamar dibuka untuk umum. Kamar pribadi Francis Joseph bergaya Spartan (sederhana dan tidak mewah) namun kamar lain sangat mewah seperti Room of Millions dengan gaya Rococo dan hiasan oriental. Pemandangan kota dan sungai dapat dinikmati dari teras dan tamannya. Pada tahun 1996, istana ini didaftarkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Ringstrasse

Image

Ringstraße atau Ring Boulevard  merupakan jalan lingkar sepanjang 6.5 Km yang mengelilingi kota Wina. Dahulu kala, jalan lingkar ini adalah berujud pagar benteng kota Wina. Disepanjang jalan ini dapat dijumpai banyak bangunan kuno, antara lain Votivkirche atau gereja persembahan yang dibangun sekitar tahun 1856 hingga 1879. Gedung-gedung tua di kota Wina pada umumnya dihiasi dengan banyak patung-patung dan beberapa dilengkapi pula dengan air mancur yang sangat indah. Kota Wina seakan sebuah museum kota dengan koleksi barang kesenian bernilai tinggi antara lain berupa patung yang berserakan di gedung-gedung serta sudut-sudut kota. Atmosfer “seni” sangat mengemuka terasa dalam hati yang diantar oleh pemandangan karya seni kuno disekeliling kota.

Istana Hofburg

Image

Hofburg adalah bekas istana musim dingin Kaisar Austria. Istana kekaisaran yang terletak di belakang Heldenplatz ini selalu mengalami perluasan bangunan terhitung sejak abad ke 13 hingga 19. Merupakan komplek bangunan yang meliputi apartemen negara dimana Presiden Austria melaksanakan resepsi resmi, bangunan Kanselir Federal Austria, aula Spanische Hofreitschule (Sekolah Menunggang Spanyol) dimana berlangsungnya pertunjukkan kuda Lipizzaner, serta Österreichische Nationalbibliothek (ONB, Perpustakaan Nasional Austria) yang dirancang oleh Joseph Fischer von Erlach dan putranya Johann pada awal tahun 1700.

Vienna State Opera

Image

Vienna State opera adalah salah satu gedung opera tertua dan terlama menampilkan pertunjukan opera di Eropa Tengah. Vienna State opera telah menampilkan lebih dari 50 pertunjukan opera dan 15 pertunjukkan balet dalam kurun waktu 300 hari. Bangunan opera hall ini  pembangunannya dimulai pada tahun 1863 dan berakhir pada tahun 1869. Pada tahun 1945, bangunan ini mengalami pengemboman pada saat Perang Dunia Kedua yang menyebabkan lebih dari 150.000 kostum musnah bersama runtuhnya bangunan ini. Baru 10 tahun kemudian, bangunan ini dibangun dan didesain ulang.

Prater Amusement Park

Image

Merupakan sebuah taman hiburan yang ada di Vienna. Di tempat ini terdapat banyak wahana seperti di Dufan  – Indonesia – yang kebanyakan pengunjungnya adalah keluarga. Namun, ada satu arena yang cukup dikenal lokasi Prater Amusement Park, yakni Kincir Angin raksasa yang dikenal dengan nama Wiener Riesenrad. Ferris Wheel atau Kincir angin raksasa ini dibangun pada tahun 1897 oleh seorang pria berkebangsaan Inggris bernama Walter Bassett. Konon, kincir angin ini merupakan kincir angin tertua lantaran dibangun sejak sebelum Perang Dunia I dan masih terjaga keasliannya meski pernah beberapa kali dipugar untuk mempertahankan kinerja kegunaan kincir angin tersebut.

Belvedere

Image

Istana Belvedere, merupakan sebuah istana agung Pangeran Eugene dari Savoy yang bergaya Barok. Istana ini terdiri dari beberapa bagian sisi kompleks Belvedere Bawah (Unteres Belvedere) dan Belvedere Atas (Oberes Belvedere). Di dalamnya terdapat bangunan-bangunan yang berfungsi sebagai museum atau galeri seperti Österreichische Galerie Belvedere (Galeri Belvedere Austria). Istana ini dilengkapi dengan ukir-ukiran, gerbang, taman, Orangerie (kebun jeruk) dan kolam besar. Belvedere Bawah mulai dikonstruksikan sejak tahun 1712 sampai 1718 dan kemudian Belvedere Bawah dibangun pada tahun 1717 dan selesai tahun 1723.

Sumber : Wikipedia, Blog WordPress, Kompasiana  (Artikel ) & Google (Foto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s